Sejarah Balon Udara



      SEJARAH modem menyebutkan balon udara dimulai oleh Montgolfier bersaudara dari Annonay, Perancis, yang menciptakan balon udara pertama. Manusia yang pertama kali terbang dengan balon udara pada 21 November 1783 di Paris adalah Jean-Francois Pilatre de Rozler. Francois Laurent dan Marquls d Arlandes.



      Balon udara itu bukan hanya terbang mengikuti angin, tetapi juga sudah dapat dikendalikan manusia. Balon udara Montgolfier yang bergerak ke udara -dengan membakar wol dan Jerami- mampu terbang sejauh 9 km dalam waktu 23 menit.

     Ahli fisika dari Austria, VF Hess. Juga membuat balon udara yang terbang di ketinggian 5 km pada 1911-1912. Duapuluh tahun kemudian, Auguste Plccar dan Paul Klpfer mendesain balon udara dengan memberi tekanan pada kabin. Balon udara Itu dikembangkan lagi oleh Jean-Felix Plccard dengan menggunakan balon plastik dari rangkaian Potythyle-ne Skyhook yang biasa digunakan Angkatan Udara AS.

     Malcom Ross dan Victor Prather pada 5 April 1961 menerbangkan balon udara setinggi 34.668 meter yang dilepas dari geladak Kapal Induk USS Antietam di Teluk Meksiko. Tapi. Balon Wlnzen yang berbentuk kubus berhasil mencapai ketinggian 51.8 km di Chico. California, AS.

Artikel Terkait

Sejarah Balon Udara
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email