Garuda Pancasila "Arti Lambang Garuda pancasila"Lambang negara RI


    Garuda Pancasila

 sebagai lambang negara Indonesia merupakan cerminan dari cita-cita luhur bangsa. Setiap Inchi dari Garuda Pancasila adalah lambang yang mempunyai makna yang significant terhadap berdirinya negara kesatuan Indonesia. Jumlah bulu burung garuda mempunyai makna, leher yang menhadap kekanan, juga mempunyai makna. Semua gambaran, lambang yang terdapat pada garuda pancasila mempunyai arti dan makna. Berikut ini adalah arti pada lambang burung garuda pancasila :

ARTI PADA LAMBANG BURUNG GARUDA PANCASILA

1. Jumlah Bulu

Sayap burung garuda mempunyai 17 bulu,
Ekor burung garuda mempunyai 8 bulu,
Bulu dibawah Perisai mempunyai 19 bulu,
Bulu dileher mempunyai 45 bulu,
Keseluruhan dari jumlah bulu pada burung Garuda melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia ( Indonesian independet day ) yaitu 17 - 8 - 1945 atau 17 Agustus 1945.
2. Lambang Perisai

     Didada burung garuda terdapat sebuah perisai. Dalam perisai itu terdapat 5 gambar yang melambangkan Pancasila, yaitu:

1. Bintang melambangkan sila ke 1, Ketuhanan yang Mahaesa

2. Rantai baja melambangkan sila ke 2, Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Pohon beringin melambangkan sila ke 3, Persatuan Indonesia

4. Kepala banteng melambangkan sila ke 4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan/perwakilan

5. Padi dan kapas melambangkan sila ke 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Garis tebal melintang pada perisai

     Garis tebal melintang pada perisai yang terdapat didada burung garuda melambangkan bahwa negara kesatuan republik Indonesia dilalui oleh garis Khatulistiwa.


Pita pada kaki burung garuda



Kaki burung garuda mencengkeram erat sebuah pita yang melengkung keatas dimana terdapat tulisan "Bhineka Tunggal Ika". Bhineka Tunggal Ika merupakan sebuah kalimat yang diambil dari buku Sutosoma karangan empu Tantular seorang pujangga besar di zaman kerajaan Majapahit. Bhineka tunggal Ika mempunyai arti " Berbeda-beda tetap satu jua" yang maksudnya adalah bahwa biarpun Negara kesatuan RI yang terdiri dari bermacam suku bangsa,kesenian, bahasa, adat dan agama tetapi nerupakan satu bangsa dengan satu kebudayaan, satu bahasa dan satu negara yaitu yaitu Negara kesatuan republik Indonesia.

     Burung Garuda Pancasila sebagai lambang negara  ditetapkan sebagai lambang negara dalam Peraturan Pemerinta No. 66 tahun 1951 tanggal 17 oktober 1951. Sedangkan penggunaanya burung garuda pancasila sebagai lambang negara diatur dalam Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 1958.

Artikel Terkait

Garuda Pancasila "Arti Lambang Garuda pancasila"Lambang negara RI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email