Blogger templates

Home » » APAKAH ENERGI ITU?

APAKAH ENERGI ITU?

Written By Adibah Afrahnisa on 23.5.13 | 23.5.13

info sains kali ini akan membahas mengenai "apakah energi itu". Materi ini selengkapnya di bahas di kelas VIII semester ganjil. Satu pokok bahasan dengan "usaha".
Sahabat pasti telah mengetahui berbagai contoh energi yang dimanfaatkan saat ini. Hampir semua yang kita lihat atau kerjakan melibatkan energi. Energi itu sesuatu yang agak misterius. Kita tidak dapat menciumnya. Dalam banyak kejadian kita tidak dapat melihatnya. Sebagai contoh, cahaya adalah salah satu bentuk energi, dan tanpa cahaya kita tidak mampu melihat apapun.



Kita juga tidak dapat melihat listrik, tetapi kita dapat melihat akibatnya saat menyalakan lampu, dan kita dapat merasakan akibatnya pada panas yang dihasilkan oleh setrika atau solder. Kita tidak dapat melihat energi dalam makanan pada, tetapi kita dapat melihat dan merasakan akibatnya ketika otot-otot kita menggunakan energi tersebut untuk bergerak.
Jika sebuah bola terbang di udara dan memecahkan jendela, bola tersebut jelas mengubah jendela! Ketika sebuah benda mempunyai kemampuan mengubah lingkungannya, dikatakan benda itu memiliki energi. Bola tersebut mempunyai energi dan melakukan usaha terhadap jendela menyebabkan jendela bergerak. Sehingga, dapat disimpulkan penggunaan energi melibatkan perubahan. Secara fisis, energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, yakni menyebabkan sesuatu berpindah. Tetapi ketika usaha ditunjukkan, selalu ada perubahan. Hubungan ini memberikan definisi umum yang berguna. Energi adalah kemampuan untuk menyebabkan perubahan.

Share this article :

0 komentar:

Template information

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Adibah Afrahnisa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger